Yul: PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG CDMA

PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG CDMA


1. Apa yang dimaksud BTS ? (Novi Sutimah)
Jawaban :
BTS ( Base Transceiver Station ) Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.
Komentar :
BTS ( Base Transceiver Station ) Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu. BTS ( Base Transceiver Station ) juga merupakan Komponen fisik dari sistem CDMA

2. Apa fungsi operator CDMA ? (Lifia Amanda)
Jawaban :
Operator CDMA berfungsi untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
Komentar :
Dengan adanya operator CDMA ini lalu lintas pada data informasi dapat di control atau di monitoring oleh Operator CDMA

3. Apa yang dimaksud dengan spreading code ? (Ine Srihayati)
Jawaban :
Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.
Komentar :
Spreading code juga merupakan Komponen teknis dari alur spreading dan desperading pada sistem  CDMA. Pada dasarnya setiap perluasan media informasi pasti ada yang namanya pengkodean degan sandi tertentu sehingga koneksi memenuhi standard.

4. Apakah perbedaan CDMA dan GSM ?( Eka, Yuli , wahyu )
Jawaban :
PERBEDAAN CDMA dan GSM
a. Kualitas data
CDMA : Lebih cepat dan berkualitas
GSM  : Sering terjadi drop cell
b. Coverage
CDMA : Terbatas (sementara)
GSM  : Lebih luas
c. Security
CDMA : Tidak bisa disadap
GSM  : Mudah disadap
d. Roaming
CDMA : Masih terbatas
GSM  : Luas
e. AksesoriS
CDMA : Handset terbatas dan tidak bisa berpindah-pindah
GSM  : Fleksibel dan banyak pilihan
Komentar :
Jadi perbedaan antar CDMA dan GSM terdapat pada 5 faktor diatas yaitu :Kualitas data, Coverage, Security, Roaming, dan AksesoriS

5. Bagaimana konsep CDMA seluler ? ( Elita )
Jawaban :
konsep CDMA seluler adalah pembagian pelayanan menjadi daerah daerah kecil yang disebut sel. Setiap sel mempunyai daerah cakupannya masing masing dan beroperasi secara khusus.
Komentar :
CDMA seluler secara ringkas yaitu membagi beberapa daerah kecil yang mempunyai cakupan masing masing serta beroperasi secara khusus untuk CDMA

6. Apa kekurangan dan kelebihan CDMA dibandingkan dengan GSM ? ( Dita veriani dan Aga Juliantiadi )
Jawaban :
Kekurangan :
- Jaringan komunikasi sering terganggu, karena sinyal CDMA Lebih sedikit dibanding GSM
- Jaringan CDMA terbatas atau kurang luas di Indonesia karena hanya pada beberapa daerah saja yang support CDMA ini
Kelebihan CDMA dibanding GSM:
- Tarif komunikasi dan data CDMA lebih murah sedangkan GSM Harga/Tarif relatif lebih mahal
Komentar :
selain itu guys CDMA juga mempunyai kelebihan yang lain yaitu :
- Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
- Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
- Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.

7. Bagaimana pekembangan CDMA di Indonesia ? (Syahrul Amin )
jawaban :
sangat Lambat , disebabkan oleh mahal nya chip perangkat teknologi tersebut. bahkan hanya satu vendor yang memproduksinya hal inilah yang kemudian vendor merasa berat untuk menjual CDMA. Karena Harganya yang mahal.
Komentar :
mungkin di indonesia sangat lambat karena hanya ada satu vendor yang memproduksi CDMA ini. Tetapi di negara lain seperti eropa mungkin sangat pesat dikarenakan banyaknya vendor yang memproduksi CDMA ini.

8. Jelaskan prinsip dasar spread spectrum ? ( Sepriana )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA, FDMA). Sebagai contoh adalah CDMA IS-95 menggunakan lebar pita frekuensi 1.25 MHz, sedangkan AMPS hanya 30 kHz untuk menyalurkan sinyal suara. Proses pelebaran pita frekuensi ini disebut dengan spreading. Terdapat 2 teknik utama dalam spread spectrum yaitu frequency hopping dan DS-CDMA (yang lebih dikenal sebagai CDMA saja
Komentar :
Spread spectrum adalah suatu proses mengurai sandi dan menyandikan setiap percakapan dan meruba-rubah frekuensi

9. Bagaimana prinsip kerja dari jaringan CDMA ? ( M. Jahidin )
Jawaban :
Suatu area memuat banyak sekali sel. Setiap area dikelola oleh sebuah pusat penyambungan bergerak (mobile switching centre, MSC). Sebenarnya, beberapa sel secara teknis dikendalikan oleh pengendali stasion basis (base station controller, BSC) yang tak ditampakkan pada gambar ilustrasi, barulah MSC mengelola BSC-BSC itu.
Perpindahan MS ke sel lain dalam satu area MSC disebut alih-tangan (handover), dan perpindahan antar area disebut jelajah (roaming). Hubungan MS ke area lain atau jaringan lain (misalnya: PSTN, internet) dilakukan melalui MSC.

Pada CDMA, pengalihan tangan (handover) disebut metode soft handoff. Dikatakan demikian karena CDMA bekerja di frekuensi yang sama maka perpindahan base station a ke b ini akan berjalan halus (soft). Proses terjadinya perpindahan base station pada CDMA ialah sewaktu mobile station berpindah, maka mobile station akan mencari base station terdekat. Sedangkan base station awal tidak akan melepaskan sinyal sampai base station tujuan dapat memberikan sinyal secara baik. Sehingga kemungkinan terjadi lose connection atau bad signal akan dapat diminimalisasi.

Dalam CDMA setiap pengguna menggunakan frekuensi yang sama dalam waktu bersamaan tetapi menggunakan sandi unik yang saling ortogonal. Sandi-sandi ini membedakan antara pengguna satu dengan pengguna yang lain. Pada jumlah pengguna yang besar, dalam bidang frekuensi yang diberikan akan ada banyak sinyal dari pengguna sehingga interferens akan meningkat. Kondisi ini akan menurunkan unjuk-kerja sistem. Ini berarti kapasitas dan kualitas sistem dibatasi oleh daya interferens yang timbul pada lebar bidang frekuensi yang digunakan. CDMA merupakan akses jamak yang menggunakan prinsip komunikasi spectrum tersebar. Isyarat bidang dasar yang hendak dikirim disebar dengan menggunakan isyarat dengan lebar bidang yang besar yang disebut sebagai isyarat penyebar (spread spectrum).
Komentar :
prinsip kerja GSM pada umumnya yaitu Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya.

10. Mengapa ponsel CDMA lebih cepat panas dari pada ponsel GSM ? ( Tatang Suhamdeni )
Jawaban :
karena proses pada CDMA lebih banyak dibandingkan GSM. Proses yang tidak ada pada GSM adalah proses mengurai sandi dan menyandikan setiap percakapan dan meruba-rubah frekuensi karena CDMA berbasis spread spectrum (Spektrum Tersebar). Sehingga handset CDMA butuh lebih banyak tenaga dalam operasinya karena tidak hanya memancar dan menerima percakapan namun juga menyandikan dan mengurai sandi setiap percakapan. Jadi biar tidak kepanasan waktu nelpon, solusinya adalah kita bisa memakai headset.
Komentar :
tambahan guys
karena proses pada CDMA lebih banyak maka ponsel yang menggunakan CDMA lebih cepat panas dibanding dengan ponsel yang memakai GSM

11. Sebutkan dan jelaskan apa sajakah komponen fisik dari sistem CDMA ? ( Ririn Rinasih dan  Tika Martiyani )
Jawaban :
Komponen fisik dari sistem CDMA adalah:
- User cdma mobile device.
Dapat berupa mobile phone, nonmobile phone,  computer, dan dll.
- BTS (  Base Transceiver Station ).
Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.
- Operator CDMA.
Bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
- Satelit Dash.
Fungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sangat besar
- Satelit.
Fungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.
Komentar :
selain komponen fisik CDMA juga memiliki Komponen teknis dari alur spreading dan desperading pada sistem  CDMA:
- Data source merupakan sinyal informasi yang akan dikirim.
- Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.

12. Negara mana pegguna CDMA terbanyak? ( Yayat S. )
Jawaban :
Indonesia merupakan negara yang banyak menggunakan CDMA di kawasan Asia Tenggara. Komentar :
pengguna CDMA semakin meningkat karena faktor biaya yang lebih murah dari GSM

13. Mengapa jangkauan CDMA masih sangat terbatas ? jelaskan ( Agus Salam )
Jawaban :
karena sinyal CDMA hanya ada di kota kota besar saja
Komentar :
CDMA juga hanya ada pada daerah yang berpendudukan banyak. oleh sebab itu CDMA sangatlah terbatas. Dan penggunaan CDMA yang masih jarang memunculkan jangkauan yang masih terbatas.


14. Apa perbedaan CDMA dan GSM dari segi cara kerja penggunaannya ? (Maulana Harun Ar-Rosyid)
Jawaban :
Pada CDMA cara kerjanya dengan mengirimkan data melalui metode pengiriman dalam bentuk kode unik yang akan mengatur paket data yang dikirim. Sedangkan Pada GSM cara kerjanya adalah dengan mengirim data berdasarkan slot waktu yang membentuk jalur pada setiap sambungan dengan rentan waktu yang sangat cepat.
Komentar :
jadi perbedaan cara kerja keduanya terdapat pada meode pengiriman pada CDMA metode pengiriman data melalui metode pengiriman dalam bentuk kode unik sedang GSM mengirim data berdasarkan slot waktu

15. Perbedaan Sinyal GSM dan CDMA  ? ( Timi )
Jawaban :
perbedaan sinyal GSM dan CDMA:
jika sinyal GSM dapat ditemukan di daerah daerah yang umum seperti desa, sedangkan sinyal CDMA biasanya terdapat hanya pada kota kota besar.
Komentar :
mungkin yang membedakan antara sinyal GSM dan CDMA adalah letak geografis suatu tempat dengan begitu penggunaan CDMA banyak digunakan pada kota kota besar saja.

16. Apa itu pseudo random noise ? ( Ryan Setiagi )
Jawaban :
Pseudo Random Noise (PN Code) yang merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).
Komentar :
Pseudo Random Noise merupakan Proses Transmitting CDMA. Setiap kanal/pengguna (user) pada CDMA menggunakan waktu dan frekuensi secara bersamaan. Untuk membedakan setiap kanal/pengguna maka digunakan kode yang unik yang juga digunakan untuk melebarkan sinyal

17. Jelaskan prinsip dasar spectrum yang digunakan pada CDMA ? ( Al-Fuad Sulthan P. )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA, FDMA). Sebagai contoh adalah CDMA IS-95 menggunakan lebar pita frekuensi 1.25 MHz, sedangkan AMPS hanya 30 kHz untuk menyalurkan sinyal suara
Komentar :
Tambahan aja ya .
Terdapat 2 teknik utama dalam spread spectrum yaitu frequency hopping dan DS-CDMA. Frequency hoping diperoleh dengan merubah-rubah frekuensi pembawa berdasarkan waktu dengan pola yang mendekati acak, pseudorandom. Sedangkan CDMA diperoleh dengan memodulasi sinyal informasi dengan spreading sequence yang dikenal sebagai pseudonoise (PN) sinyal digital yang menjadikan sinyal informasi berpita lebar dan berbentuk seperti derau (noise).

18. Kenapa CDMA menggunakan sinyal analog ? ( Ade S. )
Jawaban :
Karena CDMA menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.
Komentar :
Karena penggunaan CDMA yang kurang populer menyebabkan sinyal CDMA yang digunakan adalah sinyal analog

19. Apa perbedaan frekuensi yang digunakan antara CDMA dan GSM ? ( Ahmad Johan )
Jawaban :
Frekuensi pada CDMA adalah 1.25 MHz (spread spectrum). sedangkan pada GSM adalah Indosat:(10 Mhz), Telkomsel: 900 – 907,5 Mhz (7,5 Mhz), Excelcomindo: 907,5 – 915 Mhz (7,5 Mhz)
Komentar :
kesimpulan Frekuensi pada GSM lebih besar dibanding pada CDMA, ini mungkin karena sinyal yang didapat pada suatu daerah tidak mencukupi untuk menggunakan CDMA

20. Bagaimana cara kerja CDMA ? ( Aji Pahmi R dan MNQ.Tamam )
Jawaban :
Cara kerja CDMA ini dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya. Pada saat banyak yang berkomunikasi maka ruangan menjadi bising. Kondisi ini membuat ruangan menjadi tidak kondusif lagi untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, jumlah yang berkomunikasi harus dibatasi. Agar jumlah yang berkomunikasi bisa maksimal maka kuat suara tiap pembicara tidak boleh terlalu keras.
Komentar :
ya setuju, CDMA bekerja dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain. cara kerja CDMA dapat dilihat dari gambar berikut


21. Kapan CDMA digunakan pertama kali di Indonesia ? ( Agung S. )
Jawaban :
Pada tahun 1995 diluncurkan teknologi generasi pertama CDMA (Code Division Multiple Access) yang disebut ETDMA (Extended Time Division Multiple Access) melalui operator Ratelindo yang hanya tersedia di beberapa wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
Komentar :
Oleh karena perkembangan yang pesat di indonesia. Sehingga indonesia merupakan negara paling banyak penggunaan CDMA se Asia Tenggara

22. Apa pengertian CDMA ? ( Jeli Nios )
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
Komentar :
Setuju. CDMA merupakan sebuah pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA),

23. Kapan dibuatnya CDMA dan siapa pembuatnya ? ( M. Nandang )
Jawaban :
Teknologi CDMA pada awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio militer Amerika Serikat (AS), mulai tahun 1990 patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digital di AS sejak tahun 1993 dan digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka.pembuat CDMA adalah QUALCOMM.
Komentar :
CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.

24. Apa Kepanjangan dari CDMA? (Ryan Hidayat)
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access)
Komentar :
(Code Division Multiple Access )atau sering disingkat dengan CDMA adalah sebuah pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat – sifat interfensi kontruktif dari kode – kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

25. Apa kelebihan CDMA ? ( Aga Julantiadi )
Jawaban :
a. Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
b. Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
c. Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.
d. Meningkatkan call security. Keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi yang aman bagi militer.
e. Mereduksi derau dan interferensi lainnya. CDMA menaikkan rasio signal-to-noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan.
f. Efisiensi daya dengan cara memperpanjang daya hidup baterai telepon. Salah satu karakteristik CDMA adalah kontrol power sebuah usaha untuk memperbesar kapasitas panggilan dengan memepertahankan kekonstanan level daya yang diterima dari pemanggil bergerak pada base station.
g. Fasilitas kordinasi seluruh frekuensi melalui base-station base station. Sistem CDMA menyediakan soft hand-off dari satu base-station ke lainnya sebagai sebuah roaming telepon bergerak dari sel ke sel. Ini bisa dimungkinkan karena sel CDMA yang berdekatan menghasilkan frekuensi carrier yang sama, menjadikan dua base-station secara simultan melayani roaming telepon bergerak pada sel titik transisi. Soft hand off ini kenyataanya tidak terdeteksi oleh pengguna.
Komentar :
selain kelebihan diatas CDMA juga memiliki beberapa kelebihan antara lain :
1.Meningkatkan kualitas suara.
2.Memerlukan daya pancar yang lebih rendah, sehingga waktu bicara ponseldapat lebih lama.
3.Dapat dioperasikan bersamaan dengan teknologi lain (misal AMPS).
4.Tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaan frekuensi. Pada TDMA dan FDMA, pengelolaan frekuensi merupakan tugas kritis untuk diselesaikan. Karena hanya terdapat satu kanal radio bersama pada CDMA, tidak ada pengelolaan frekuensi yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Yul Urang-kurai